Bermimpi Masuk Timnas Indonesia U-19

Alfandi Riza Kusuma (16) Anak PKH Berprestasi Bidang Olah Raga Asal Kab. Lampung Timur Prov. Lampung 

Alfandi Riza Kusuma (16 tahun) bercita-cita menjadi pemain tim Nasional U-19 layaknya Evan Dimas Darmono dkk. Lahir dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH asal Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung pada 3 Oktober 2001.

Namun siapa sangka Alfandi menorehkan prestasi membanggakan.  Siswa PKH yang satu ini pernah berkompetisi dalam ajang internasional di Negeri Seribu Larangan-Singapura.

Alfandi anak sulung 2 bersaudara yang tingal bersama Ibu Siti Fatimah sebagai penggurus PKH. Ia mulai akrab dengan sikulit bundar sejak di bangku SD. Bermain bola baginya saat itu hanya sebatas bermain. Namun rupanya kegiatan mereka diamati oleh penghobi dan pelatih bola bernama Andi Firmansyah.  

Berbagai kejuaraan sepak bola lokal mereka juarai. Hingga pada pertengahan tahun 2015 tawaran seleksi untuk ikut dalam ajang bergengsi Singa Cup di Negara Singapura datang dari Indonesia National Football Academy (INFA) Jakarta. 

Alfandi begitu mudah lolos dalam ajang seleksi tersebut. Alfandi pun melenggang ke Singapura bersama tim yang lolos seleksi INFA. Di ajang tersebut, Alfandi dan timya berhasil meraih juara kedua. 

Prestasi lainya pada ajang INFA Kemenpora RI Inter City U-15 tahun 2016 di Jakarta. Ia dan timnya meraih juara III dalam turnamen tersebut.

Kini Alfandi merumput di Persatuan Sepak Bola Lampung Timur (Persilatim) club milik Pemerintah Kabupaten Lampung Timur. Besar mimpinya menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-19.

(By Yasir Pendamping Lampung Timur)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

41 Anak PKH Berprestasi Lampung Lulus SNMPTN, Satu di UI

Koreg Sumatera Beri Pembinaan Kinerja PKH di Lampung