Realisasi Penyaluran Tahap 1 Tuba Capai 90,44%


Sekertaris Dinsos Tulang Bawang Provinsi Lampung Bapak Wijiono memberikan arahan pada Rakor PPKH di Aula Islamic Center Selasa,  10/4.
Dinas Sosial Kabupaten Tulang Bawang Selasa (10/4) mengelar rapat koordinasi rutin Pelaksana PKH (PPKH) di Aula Islamic Center Tulang Bawang. Rakor dibuka oleh Kepala Dinas Sosial yang diwakilkan oleh Sekertaris Dinas Sosial Wijiono, didampingi Sekretaris PPKH Diah Kusuma Asih, dan Koordinator Wilayah PKH Provinsi Lampung II Slamet Riyadi. 

Sementara peserta rakor meliputi Koordinator PKH Kabupaten Mustofa, empat Administrator Pangkalan Data (APD), serta 75 pendamping sosial PKH yang berasal dari 15 kecamatan se-Tulang Bawang.

Sekertaris Dinas Sosial dalam sambutannya menghimbau kepada seluruh SDM PKH untuk dapat meningkatkan kinerja, serta melaksanakan tugas dengan baik. Terutama saat melayani penyaluran bantuan sosial (bansos) PKH kepada masyarakat serta membuat laporan realisasi penyaluran bansos PKH setiap tahapnya.

Saya meminta seluruh pendamping sosial PKH dapat melaporkan dengan rinci KPM yang telah melakukan penarikan bansos PKH melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) tersebut, terutama tahap 1 tahun 2018 yang telah kita mulai Februari 2018 yang lalu. Hal ini dimaksudkan agar pelaksanaan penyaluran dapat dimonitor dengan baik, pungkas Wijiono.

Koordinator PKH Kabupaten Tulang Bawang Mustofa melaporkan capaian realisasi penyaluran bansos PKH sampai dengan 1 April 2018 telah terealisasi sebesar 90.44%. Sisanya masih dalam proses penyaluran bantuan. Kendala yang kami dihadapi dilapapangan terkait KPM baru hasil perluasan 2017. Beberapa kendalanya meliputi; masih ada KPM yang belum memiliki KTP Elektronik, KPM tidak berada di tempat saat jadwal penyaluran, serta KPM sedang sakit. Kami optimis April ini dapat kami tuntaskan, pungkas Mustofa.

Sementara Koordinator Wilayah PKH Provinsi Lampung II Slamet Riyadi mengapresiasi atas capaian realisasi penyaluran bansos PKH Provinsi Lampung secara umum, dan Tulang Bawang secara khusus. Data yang kami diperoleh dari Area Bank Mandiri Bandar Lampung, capaian realisasi tahap 1 tahun 2018 Provinsi Lampung sangat baik. Sampai dengan 1 April 2018 realisasi dibeberapa Kabupaten meliputi; Way Kanan 98.20%, Mesuji 97.20%, Pesawaran 90.44%, Lampung Barat 96.4%, Lampung Timur 84.25%. Angka ini akan terus bergerak, mengingat KPM yang masih terkendala penyaluran sedang difasilitasi oleh Pendamping Sosial dan Bank Mandiri.

Hal ini berkat kerja sama yang baik SDM PKH, Pelaksana PKH Kabupaten/Kota dengan Bank Mandiri selaku lembaga bayar yang melayani penyaluran bansos PKH di Provinsi Lampung, papar Slamet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

41 Anak PKH Berprestasi Lampung Lulus SNMPTN, Satu di UI

Koreg Sumatera Beri Pembinaan Kinerja PKH di Lampung