Lagi, 59 Anak PKH Lampung di Terima di PTN/PTKIN 2020


Founder Gerakan Ayo Kuliah (GAK) Lampung Slamet Riyadi, S.IP., M.IP bersama Ketua Pelaksana Satgas GAK Lampung Slamet Hariyanto, dan Pendamping Sosial Kota Metro Eko Santoso, S.Pd pada kegiatan Edukasi & Motivasi Siswa kelas XII se-Kota Metro pada Januari 2020.

Bandar Lampung (5/6) Kabar baik hadir dari sukses story program inovasi Gerakan Ayo Kuliah (GAK) Lampung 2020. Ditengah pandemi COVID-19, sebanyak 59 anak SMA/MA sederajat yang bersal dari Keluarga Penerima Manfaaf (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Provinsi Lampung dinyatakan lulus seleksi jalur SNMPTN dan SPAN-PTKIN 2020.

Slamet Harianto Mahasiswa PKH UIN Raden Intan Lampung yang juga Ketua Pelaksana Satuan Tugas GAK 2020 menyatakan bahwa 58 anak PKH yang telah dinyatakan diterima PTN/PTKIN tersebut berasal dari enam Kabupaten/Kota di Lampung yaitu; 7 anak KPM asal Kota Metro, 25 anak dari Lampung Barat, 9 anak dari Lampung Timur, 5 asal Pesawaran, 3 asal Lampung Tengah, 9 anak asal Lampung Selatan dan 1 asal Way Kanan. 

Namun disayangkan, empat diantaranya mundur dari proses daftar ulang. Mengingat keterbatasan ekonomi untuk membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT), pungkas Hariyanto.

Sementara Koordinator Wilayah PKH Provinsi Lampung 2 Slamet Riyadi sekaligus Founder GAK Lampung menambahkan bahwa, saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan Dinsos Lampung dan Kemensos R.I guna mengambil langkah-langkah pembinaan lanjutan terhadap 55 anak PKH tersebut.

"Ini sedang kami kordinasikan dengan ketua PPKH Provinsi Lampung, Plt. Kadisos Lampung serta Kemensos R.I. Semoga ada dukungan dan pembinaan lanjutan, khususnya komplementaritas KIP Kuliah/Bidikmisi. Agar ke 55 anak PKH tersebut dapat bertahan dan menyelesaikan studi tepat waktu. Mengingat mereka berasal dari keluarga prasejahtera penerima PKH yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) papar Slamet.

Lebih jauh, Ia menuturkan bahwa Gerakan ini merupakan upaya SDM PKH Lampung berupa serangkaian pembinaan siswa kelas XII meliputi kegiatan mapping data siswa kelas XII, edukasi-motivasi siswa potensial serta pendampingan siswa sampai dengan kuliah dan mengupayakan komplementaritas KIP Kuliah/Bidikmisi, beasiswa lainnya/keringanan UKT. 

Alhamdulilah sejak 2017 sampai tahun ini, totalnya ada 292 anak PKH Lampung telah berhasil masuk PTN/PTKIN, 75 diantaranya mendapatkan Bidikmisi, PMPAP Universitas Lampung, Besiswa Pemerintah Provinsi Lampung, Beasiswa Pemerintah Kabupaten dan jenis beasiswa lainnya, sisanya mengajukan keringanan UKT, papar Slamet yang juga mantan Presiden Mahasiswa BEM Universitas Lampung 2007/2008.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

41 Anak PKH Berprestasi Lampung Lulus SNMPTN, Satu di UI

Koreg Sumatera Beri Pembinaan Kinerja PKH di Lampung