Bansos Non Tunai PKH Pesawaran Cair

Kepala Dinas Sosial Pesawaran, Kanwil Mandiri Sumatra 2, Kepala Area Mandiri Bandar Lampung di dampingi Korwil Lampung 2 meninjau KPM PKH

Dinas Sosial Kabupaten Pesawaran pada Jumat, 28 Juli 2017 melaksanakan launching perdana penyaluran bantuan sosial (bansos) non tunai PKH tahap 1 tahun 2017 di Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Sebanyak 1.381 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH mulai Kamis 27/7 mulai mencairkan bantuan PKH.

Launching terselenggara atas kerja sama Dinsos Pesawaran dengan Area Manager Bank Mandiri Bandar Lampung sebagai lembaga penyalur yang di tunjuk oleh Kementrian Sosial RI. Pada kesempatan tersebut hadir Bupati Pesawaran yang dieakili oleh Kadis Sosil Pesawaran Yulizar, Kanwil Bank Mandiri Sumatra II Aribowo, Area Manager Mandiri Bandar Lampung Jan Winston Tambunan, Korwil PKH Provinsi Lampung II, Kepala Cabang Mandiri se-Provinsi Lampung, serta perwakilan Koordinator PKH Kabupaten se-Lampung.

Bupati melalui Kadis Sosial dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bank Mandiri yang telah memberi kepercayaan kepada Kabupaten Pesawaran sebagai lokasi uji coba sekaligus launching perdana penyaluran bansos PKH se-Provinsi Lampung melalui Bank Mandiri. Tentunya kegiatan penyaluran bantuan ini telah dinanti-nanti oleh 1.381 KPM di Kecamatan Tegineneng.

Kami berharap segera menyusul penyaluran di kecamatan lain. Data yang kami terima, pada tahap 1 ini akan disalurkan bantuan PKH sebesar Rp. 6.680.500.000 kepada 13.361 KPM se-Pesawaran. Tentunya kami berharap uji coba ini lancar dan dapat segera dimanfaatkan KPM, pungkas Yulizar.

Area Operatoon Manager Mandiri Bandar Lampung Rudolf Sirait pada kesempatan tersebut menuturkan bahwa bantuan yang akan disalurkan pada tahap I ini sebesar  Rp. 500.000 per-KPM. Sebagaimana prosedur penyaluran non tunai PKH, KPM yang akan melakukan pengambilan bantuan akan melalui empat tahapan sebelum penarikan bantuan.

Pertama adalah pembukaan rekening bansos dengan melampirkan KTP, kemudian dilanjutkan penyerahan buku tabungan, pin dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dari petugas Bank Mandiri kepada masing-masing KPM, ketiga melakukan cek saldo bansos, serta penarikan bansos sesuai kebutuhan KPM, dan ke-empat penyerahan bukti transaksi/struk dari petugas Bank kepada KPM, pungkas Rudolf.

Korwil PKH Provinsi Lampung 2 Slamet Riyadi mengaku optimistis penyaluran bansos PKH melalui Bank Mandiri pada 10 Kabupaten se-Provinsi Lampung dapat berjalan baik dan lancar. Kuncinya koordinasi. Hemat saya modal penting untuk sukses penyaluran PKH ya kordinasi antara SDM, Dinsos serta Bank Mandiri sebagai lembaga bayar. Pada tahap 1 ini, bank Mandiri akan menyalurkan bansos PKH sebnyak 133.114 KPM, dengan total bantuan Rp. 66.572.000.00 di Lampung Timur, Tulang Bawang, Mesuji, Pesawaran, Way Kanan, Lampung Barat, Tanggamus, Pesisir Barat, Lampung Utara dan Tulang Bawang Barat, pungkas Slamet.

Sedangkan Korkab Pesawaran Iskar, menuturkan bahwa terdapat beberapa kendala dalam penyaluran tersebut. Diantaranya soal data administratif, KPM tidak hadir, serta KPM yang meningal duni, pungkas Iskar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

41 Anak PKH Berprestasi Lampung Lulus SNMPTN, Satu di UI

Koreg Sumatera Beri Pembinaan Kinerja PKH di Lampung