896 SDM PKH Lampung Tuntaskan Validasi 2018

Open Ceremoney Kegiatan Bimtek Pendamping dan Operator Persiapan Tahun 2018 oleh Sekertaris Pelaksana PKH Provinsi Lampung

Bandar Lampung (30/11)
Kementrian Sosial RI mengelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendamping dan Operator PKH Persiapan Tahun 2018 yang diikuti oleh 896 peserta dari 15 Kabupaten/Kota se-Lampung dalam tiga gelombang kegiatan. Acara tersebut berlangsung sejak tanggal 23 – 30 November 2017 bertempat di Hotel Novotel Bandar Lampung.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan perluasan PKH tahun 2018 untuk mencapai target 10 juta KPM PKH Nasional. Peserta mendapatkan materi kebijakan dan pengetahuan teknis lainnya tentang pengunaan aplikasi validasi berbasis android. Narasumber berasal dari Pejabat Kemensos RI, Koordinator Wilayah serta Koordinator PKH Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Gubernur Lampung dalam sambutannya melalui Sekertaris Pelaksana PKH Provinsi Lampung Herbert GM Sirait menekankan pentingnya kegiatan ini dalam rangka mensukseskan target perluasan PKH 2018, baik Nasional atau daerah. Ridho berpesan agar seluruh SDM PKH melaksanakan tugas dengan penuh tangungjawab, sehingga validasi ini menghasilkan KPM PKH yang benar-benar tepat sasaran dan sesuai dengan persyaratan program. 

Pemerintah Provinsi Lampung sangat mendukung implementasi PKH. Salah satu bentuk dukungannya adalah adanya tambahan insentif honor yang bersumber dari APBD-P Provinsi Lampung 2017. Alhamdulilah, kini Pusat kembali memberikan kepercayaan perluasan 382.641 calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) baru se-Lampung. Tentu ini sangat membantu dalam menurunkan angka kemiskinan di Lampung, pungkas Ridho.

Sementara Koordinator Wilayah PKH Provinsi Lampung Slamet Riyadi yang juga narasumber kegiatan tersebut menjelaskan bahwa, saat ini total penerima PKH Lampung berjumlah 217.563 KPM. Hasil validasi 2018 Lampung ditarget 315.296 KPM memenuhi kepesertaan PKH dari total 382.641 calon KPM yang di alokasikan Pusat. Sehingga total KPM Lampung 2018 akan mencapai 532.859 KPM. Jika hal ini terealisasi, tentunya penambahan KPM tersebut berdampak signifikan pada upaya pengurangan kemiskinan di Lampung. 

lebih lanjut Ia menuturkan bahwa saat ini pendamping sosial PKH dan operator sedang berjibaku menuntaskan pelaksanaan validasi dilapangan. Berdasarkan hasil monitoring Pusat per-30 November ini, telah berhasil dilakukan validasi kepada 281.134 calon KPM atau setara dengan 73,5%. Sisanya 101.507 calon KPM sedang dalam proses validasi dilapangan. Mudah-mudahan 3-4 hari kedepan tuntas. Kami terkendala pada lokasi sulit dan beberapa SDM PKH yang mengundurkan diri dan belum terdapat penganti.

Slamet menambahkan bahwa saat ini 4 Kabupaten/Kota telah berhasil menyelesaikan kegiatan validasi yaitu Kabupaten Way Kanan dengan 22.494 calon KPM, Lampung Barat 14.078 calon KPM, Kota Metro 3.482 calon KPM dan Pesisir Barat dengan 6.809 calon KPM. Sisanya 9 Kabupaten/kota  lainnya masih dalam proses penyelesaian, pungkasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

41 Anak PKH Berprestasi Lampung Lulus SNMPTN, Satu di UI

Koreg Sumatera Beri Pembinaan Kinerja PKH di Lampung