20 Siswa PKH Lulus Perguruan Tinggi Negeri

Koodinator Wilayah PKH Prov. Lampung Slamet Riyadi, S.IP., M.IP dan Korkab Way Kanan Pebri, SH saat memberikan sesi motivasi siswa PKH kelas XII di Way Kanan.
Bandar Lampung (1/5) Kabar baik kembali muncul dari Program Keluarga Harapan (PKH) Provinsi Lampung. Berdasarkan pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 17 April 2018, sebanyak 20 siswa PKH kelas XII Lampung Barat dinyatakan lulus. Beberapa diantaranya lulus di kampus favorit seperti Universitas Brawijaya, Universitas Lampung dan Institut Teknologi Sumatra (ITERA). 

Lampung Barat tercatat sebagai Kabupaten di Provinsi Lampung dengan jumlah siswa PKH mendaftar bidik misi terbanyak yaitu 68 siswa PKH. Tentu ini capaian yang baik PKH Lampung Barat, terlebih bagi masa depan siswa PKH tersebut. Tahun 2017 yang lalu, terdapat 3 siswa PKH yang berhasil masuk perguruan tinggi melalui bidik misi. Jika dilihat dari pendaftar tahun ini tentu peluang mendapatkan bidik misi di tahun 2018 akan lebih banyak.

Ketua Pelaksana PKH Kabupaten Lampung Barat Ferri Istanto mengapresiasi kinerja SDM PKH. Ia menyaksikan Pendamping Sosial PKH sangat giat melakukan motivasi dan pembinaan bagi siswa PKH kelas XII disela-sela tugas pendampingannya. Dan kita bisa melihat hasilnya 68 siswa PKH yang berhasil mendaftar kuliah dan bidik misi. Sementara 20 siswa dinyatakan lulus di Perguruan Tinggi. Tentu ini sangat positif, selaras dengan visi Bapak Bupati kami yang sangat peduli dengan peningkatan kualitas SDM.

Lebih lanjut Ferri berharap 20 siswa yang telah dinyatakan lulus SNMPTN tersebut mendapatkan beasiswa bidik misi guna membantu siswa PKH meraih mimpi sarjananya. Jika tidak ada dukungan bidik misi, saya yakin proses perkuliahannya terganggu bahkan terancam putus ditengah jalan. Mengingat anak-anak ini bersal dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH yang notebene adalah keluarga miskin. Agar upaya-upaya yang telah kami lakukan ini tuntas, maka kami mengharap siswa PKH tersebut mendapatkan prioritas diterima bidik misi, pungkasnya.

Sementara Koordinator Wilayah PKH Provinsi Lampung 2 Slamet Riyadi mendukung adanya upaya perluasan akses bagi siswa PKH berprestasi untuk mendapatkan bidik misi. Dengan hal peningkatan kualitas pendidikan, kami optimis masa depan anak-anak PKH akan lebih baik. 

Ia menambahkan, berdasarkan data yang kami himpun dari Koordinator Kabupaten/Kota terdapat 189 siswa PKH yang tahun ini mendaftar kuliah dan bidik misi. Angka ini naik signifikan dari tahun sebelumnya. Ini membuktikan bahwa, program inovasi pembinaan bidik misi siswa PKH berdampak positif pada minat siswa PKH melanjutkan pendidikan tinggi pungkas Slamet yang merupakan alumni beasiswa Bakrie Center Foundation (BCF) Universitas Lampung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

41 Anak PKH Berprestasi Lampung Lulus SNMPTN, Satu di UI

Koreg Sumatera Beri Pembinaan Kinerja PKH di Lampung