Lampung Paling Banyak Hasilkan Anak PKH Prestasi

Dokumentasi hasil rilis dan optimalisasi media Korwil PKH Lampung 2

Kementerian Sosial RI  mencatat Lampung sebagai Provinsi dengan penyumbang anak PKH berprestasi terbanyak saat ini. Tercatat 189 anak Keluarga Penerima Menfaat (KPM) PKH yang berprestasi di tahun 2018. Direktur Perlindungan dan Jaminan Sosial Keluarga Nur Pujianto menjelaskan bahwa besarnya jumlah anak berprestasi ini tidak lepas dari peran pendamping sosial PKH yang selalu memberikan bimbingan kepada KPM. 

"Saat ini 189 anak tersebut sedang mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi dan bidik misi, dan infonya 35 siswa diantaranya telah dinyatakan lulus. Ini tentu berkat peran semua SDM PKH baik Korkab atau  pendamping," ujarnya di Lampung kemarin.

Kementerian Sosial, dikatakan Nur Pujianto selalu memberikan bekal kepada pendamping berbagai ilmu untuk meningkatkan kapasitas KPM, seperti penguatan pentingnya pendidikan bagi keluarga tidak mampu. Materi tersebut diberikan Kemensos pada saat bimbingan dan pemantapan pendamping PKH.

"Pendamping Sosial PKH merupakan pasukan garis terdepan pengentasan kemiskinan. Peran Pendamping Sosial PKH sangat bermanfaat dalam membantu pemerintah menanggulangi permasalahan kemiskinan," tambahnya.

Ia menambahakan kegiatan pengembangan kepesertaan PKH lainnya seperti validasi, verifikasi komitmen, Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2), pemutakhiran data, hingga proses penyaluran bantuan kepada KPM membutuhkan peran langsung Pendamping Sosial PKH untuk memperlancar kegiatan administrasi dan teknis dari Daerah ke Pusat.

Sementara, jumlah dan besaran bansos PKH akan ditingkatkan tahun depan, Nur mengatakan kenaikan anggaran tersebut dikarenakan kenaikan nominal dan disesuaikan dengan beban KPM.

"Sementara ini besaran bantuan masing-masing KPM sama yakni Rp. 1.890.000/tahun. Kedepan penerima bantuan itu mulai Rp.2 juta - Rp. 3,5 juta tergantung beban keluarganya," pungkasnya.

Kadis Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni melaporkan bahwa implementasi PKH di Lampung sejak tahun 2011 telah melahirkan berbagai prestasi. Yang menonjol adalah program pembinaan bidik misi. Tahun 2017 sebanyak 28 siswa berprestasi berhasil melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri/swasta dengan program Program Bidik Misi. Sedangkan di  tahun 2018 ini sebanyak 189 orang sedang mengikuti seleksi Bidik Misi, ujarnya.

Ditambahkan juga oleh Sumarju bahwa selain 189 itu, terdapat anak KPM PKH lainnya yang berprestasi di bidang akademik dan non akademik sebanyak 549 siswa.

Semementara Kasubdit Validasi dan Teminasi  M. Slamet Santoso sebagai Ketua Pelaksana kegiatan Bimbingan Pemantapan SDM PKH 2018 menuturkan bahwa kegiatan ini diperuntukkan kepada 1.084 SDM baru hasil rekruitmen 2017.

"Bimtap Angkatan I ini di ikuti 511 peserta dari 7 Kabupaten yakni Lampung Timur 159, Lampung Utara 98, Pesawaran 75, Way Kanan 69, Tulang Bawang 45, Tulang Bawang Barat 29 dan Pringsewu 36 peserta. Sedang angkatan II akan dilaksanakan pada akhir bulan Mei ini dengan jumlah peserta 573 orang, ujarnya.

Terpisah Korwil PKH Lampung 2 Slamet Riyadi menyampaikan terima kasih atas apresiasi Kemensos RI tersebut, serta terlaksananya kegiatan Bimtab dari 21 - 24 Mei 2018, jelasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

41 Anak PKH Berprestasi Lampung Lulus SNMPTN, Satu di UI

Koreg Sumatera Beri Pembinaan Kinerja PKH di Lampung