Lampung tambah 41,564 Calon Penerima PKH Baru


Bandarlampung (28/10): Kementrian Sosial RI pada akhir tahun 2015 ini kembali melakukan perluasan PKH di Provinsi Lampung.  Perluasan tersebut dilakukan dengan cara menambah kuota calon penerima PKH di 14 Kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.  Total penambahan tersebut adalah 41.564 Keluarga Sangat Miskin (KSM) calon penerima PKH. Perluasan PKH tahun 2015 tersebut ditempuh melalui metode penambahan peserta PKH pada tingkat Kecamatan (saturasi Kecamatan), penambahan Kecamatan baru yang belum menjadi lokasi PKH (pengembangan Kecamatan)  serta pemisahan KSM. Kemensos RI mentarget perluasan PKH tahun 2015 secara Nasional menembus angka 3,5 juta KSM.

Adapun 14 kabupaten/kota yang mendapatkan kuota penambahan calon peserta PKH baru 2015 meliputi Kabupaten Tulang Bawang, Way Kanan, Lampung Timur, Mesuji, Pesawaran, Lampung Barat, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Tulang Bawang Barat, Bandar Lampung, Tanggamus, Pringsewu, Lampung Utara dan Pesisir Barat, papar Slamet Riyadi Koordinator PKH Provinsi Lampung II.

Lebih lanjut, penerima Beasiswa Bakrie Graduate Fellewship (BGF) Unila 2011 ini menjelaskan bahwa saat ini petugas pendamping sedang melaksanakan kegiatan validasi data calon peserta PKH dimasing-masing Kabupaten/Kota. Validasi ini merupakan proses awal yang menentukan apakah daftar calon penerima KSM yang telah ditetapkan oleh Kemensos RI tersebut layak atau tidak untuk menjadi peserta PKH. Dalam proses validasi ini, petugas pendamping akan melakukan crosscek data secara faktual kepada 41,564 KSM calon peserta PKH tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh data yang benar-benar valid dan update. Hasil validasi inilah yang kemudian diserahkan kepada Kementrian Sosial untuk ditetapkan menjadi penerima PKH. Mudah-mudahan akhir Oktober ini validasi dapat diselesaikan sebagaimana jadwal yang telah ditentukan, pungkasnya.

Berdasarkan data UPPKH Provinsi Lampung tahap III buan Oktober 2015, penerima PKH di Lampung menembus angka 119,174 KSM. Jumlah tersebut belum termasuk calon KSM tambahan yang saat ini sedang dalam proses validasi. Saat ini Provinsi Lampung merupakan provinsi ke-4 Nasional dengan jumlah penerima PKH terbesar setelah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Semoga PKH mampu berjalan optimal, sehingga berimplikasi pada mengurangan angka kemiskinan di Lampung.


Kami juga berharap, program pro rakyat ini mendapat dukungan penuh dari seluruh stake holder di Lampung, mengingat Kemensos RI hampir setiap tahunnya melakukan perluasan PKH di Provinsi Lampung. Bahkan di tahun 2016 kedepan, Provinsi Lampung berpeluang besar mendapatkan perluasan dengan jumlah yang lebih besar lagi. Kemensos RI mentarget perluasan PKH pada tahun 2016 diharapkan tembus 6 ribu KSM se-Indonesia.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

41 Anak PKH Berprestasi Lampung Lulus SNMPTN, Satu di UI

Koreg Sumatera Beri Pembinaan Kinerja PKH di Lampung