FDS: Jangan Marah

Peserta TOT FDS Angkatan I & II Korwil dan Korkab/Korkot perwakilan Provinsi se-Indonesia

Jakarta (21/2) Training Of Trainer Family Development Session (TOT FDS) Angkatan 1 & 2 hari ini telah genap 17 hari, pertanda kami telah menyelesaikan seluruh rangkaian TOT FDS tersebut. Kami melalap lima modul materi FDS, ditambah empat kali pelaksanaan Praktek Belajar Lapangan (PBL) yang dilakukan di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat.

Selama proses pembelajaran tersebut, banyak hal baru yang kami dapatkan. Walau design FDS tersebut diperuntukan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH, namun materi-materi FDS tersebut ternyata sangat menarik dan bermanfaat bagi kami sebagai Korwil, Korkab, Operator dan Pendamping PKH. Banyak hal-hal prinsip yang sifatnya praktis dalam pengasuhan dan pendidikan anak, penengelolaan keuangan, memulai usaha, kesehatan dan gizi, perlindungan anak, serta pelayanan disabilitas dan lansia yang ternyata belum kami ketahui dengan baik.  

Misalnya soal pendidikan anak. Terkadang kita lekas naik pitam, bahkan tak jarang menghardik jika anak kita melakukan sedikit kesalahan. Niatnya agar anak menjadi patuh, namun ternyata hal tersebut kurang tepat. 

Setelah mendapatkan materi FDS, kami baru sadar bahwa hal tersebut kurang tepat. Sering marah kepada anak, terutama dimasa emas pertumbuhan menjadikan masalah pada tumbuh kembang anak. Anak akan cenderung menjadi kurang percaya diri, minder bahkan menjadi agresif. Jangan marah, sabar dan sabar itu kuncinya. Tidak hanya itu, kami juga lebih faham prihal 1000 hari pertama kehidupan. 

Kami haturkan terima kasih kepada Fasilitator FDS yang luar biasa. Thanks untuk Pak Joy, Pak Muttaqin, Ibu Kiki, Ibu Lina, Pak Zein, Pak Surya, serta Kang Dede. Selanjutnya tugas kami untuk menularkan nilai-nilai yang telah diberikan kepada Pendamping dan KPM PKH.

Thanks juga untuk rekan-rekan Korwil, Korkab dan Korkot TOT FDS Angkatan I & II. Sukses untuk semua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

41 Anak PKH Berprestasi Lampung Lulus SNMPTN, Satu di UI

Koreg Sumatera Beri Pembinaan Kinerja PKH di Lampung