"Tancap Gas" Sosialisasikan FDS

Korwil PKH Lampung 2 sedang melakukan fasilitasi materi FDS PKH kepada KPM Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Bersama Korwil DI Yogyakarta, Korkab Pandeglang, Korkab Serang dan Korkab Situbondo.



Bogor (11/2) Sebanyak 60 peserta Training Of Trainer (TOT) Family Development Session (FDS) PKH melakukan kegiatan Praktik Belajar Lapangan kepada Kelompok-kelmpok KPM PKH di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Peserta PBL tersebut terdiri dari Koordinator Wilayah dan Koordinator PKH Kabupaten/Kota se-Indonesia.

PBL merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh setiap peserta TOT dalam rangka implementasi materi kelas yang telah diberikan. Tidak cukup teori saja, praktek lapangan tersebut diharapkan akan menambah kemampuan peserta dalam memahami materi FDS.

TOT dilaksanakan selama 17 hari, sejak 6/2 sampai dengan 22/2. Tedapat 5 modul materi FDS yang harus dikuasai. Yaitu (1) modul Pengasuhan dan Pendidikan Anak (PPA), (2) Pengelolaan Keuangan dan Perencanaan Usaha (PKPU), (3) Kesehatan dan Gizi (KG), (4) Perlindungan Anak (PA), dan yang terakhir (5) Pelayanan Disabilitas dan Lanjut Usia (PDLU). 

FDS bukanlah hal yang baru sebenarnya, beberapa Kabupaten/Kota di Indonesia yang menjadi pilot projek telah mengimplentasiakan FDS. Namun untuk Provinsi Lampung, FDS adalah hal baru yang belum pernah implementasikan sebelumnya. Mengingat seluruh SDM PKH di 15 Kabupaten/Kota memang belum mendapatkan Diklat FDS. 

Alhamdulilah tahun ini Korwil PKH Lampung 1 & 2 mendapatkan kesempatan ikut TOT. Mudah-mudahan setelah selesai TOT kami dapat langsung "tancap gas" melakukan sosialisasi FDS kepada seluruh SDM PKH di Lampung. Nantinya seluruh Pendamping PKH diwajibkan menguasai 5 Modul FDS dan mampu mengaplikasikan pada 220. 561 KPM yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota. 

Sementara kita tunggu kebijakan Pusat. Nanti rekan-rekan Pendamping PKH akan mendapatkan fasilitas peningkatan skill berupa Diklat FDS PKH. Kita tunggu saja infonya, pungkas Slamet Riyadi, S.IP., M.IP Korwil Lampung 2.

FDS di design sebagai upaya percepatan perubahan pola fikir (mainset) dan prilaku KPM agar lebih baik dan produktif, sehingga terjadi akselerasi kemandirian KPM. 

Insha Allah, mulai Februari 2017 kita agendakan dalam setiap rakor bulanan Pelaksana PKH Kabupaten/Kota satu agenda khusus yaitu sosialisasi materi FDS. Mudah-mudahan ini akan sangat membantu Pendamping. Sembari kita tunggu pelaksanaan Diklat FDS yang akan dilaksanakan oleh Pusat, lanjut Slamet.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

41 Anak PKH Berprestasi Lampung Lulus SNMPTN, Satu di UI

Koreg Sumatera Beri Pembinaan Kinerja PKH di Lampung