PBL.II: Mengelola Keuangan KPM

KPM PKH antusias mendengarkan sesi pengelolaan keuangan yang sedang di paparkan oleh peserta PBL TOT FDS

Bogor (14/2) Peserta TOT FDS kembali melakukan Praktik Belajar Lapangan (PBL) di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat.

PBL pada sesi ke-2 ini menekankan materi pengelolaan keuangan dan perencanaan usaha bagi KPM PKH. Hal ini penting mengingat dua hal tersebut merupakan persoalan yang selalu menjadi masalah dalam perekonomian KPM PKH.

Pengelolaan keuangan menjadi sangat penting, mengingat KPM PKH cenderung tidak memiliki metode yang baik dalam pengelolaan keuangan keluarga. Sehingga "besar pasak dari pada tiang" setiap bulannya. Implikasinya ya berhutang dan terus berhutang, pungkas Slamet Riyadi, S.IP., M.IP Korwil PKH Provinsi Lampung.

Lebih lanjut, Slamet menyatakan bahwa sesuai modul FDS terdapat 3 langkah yang perlu di lakukan KPM PKH untuk dapat mengelola keuangan KPM yaitu : (1). Memahami jumlah pendapatan dan pengeluaran tiap bulannya, (2). Menyusun Anggaran bulanan serta (3). Mengendalikan anggaran bulanan tersebut. 

Adanya pemahaman tersebut, insha Allah KPM dapat lepas dari kebiasaan berhutang, lantaran tidak mampu mengelola keuangan keluarga. Selain materi pengelolaan keuangan ini, KPM PKH juga diberikan pemahaman soal merencanakan usaha. Diharapkan KPM lebih berdaya paska adanya FDS ini. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

41 Anak PKH Berprestasi Lampung Lulus SNMPTN, Satu di UI

Koreg Sumatera Beri Pembinaan Kinerja PKH di Lampung