Mensos Tinjau Penyaluran PKH di Lampung

Mensos Khofifah Indar Parawansa meninjau langsung penyaluran PKH di Kalianda Lampung Selatan
Menteri Sosial RI, Ibu Khofifah Indar Parawansa meninjau langsung pelaksanaan penyaluran bantuan PKH di Kecamatan Kalianda Lampung Selatan pada 30 Maret 2016. Kedatangan Mensos tersebut dalam rangka Kunjungan Kerja sekaligus menghadiri Kegiatan Bedah Desa Pesisir yang dilakukan oleh TNI AL di pantai Embe Lampung Selatan.

Saat meninjau pelaksanaan Penyaluran Bantuan PKH, Mensos menyatakan bahwa ditahun 2016 ini kami telah melakukan perluasan PKH dari 3,5 Juta penerima PKH menjadi 6 Juta penerima PKH. Kami juga melakukan perubahan atas komponen bantuan PKH. Semula bantuan untuk Bumil/Balita/Apras hanya 1 juta/tahun, kini naik 1,2 juta/tahun. Tidak hanya itu, perluasan juga mencakup penambahan komponen disabilitas dan lansia berat (70 tahun keatas). Harapan kami, perluasan ini akan berdampak positif terhadap penurunan angka kemiskinan di Indonesia, pungkas Khofifah.

Lebih lanjut, Khofifah menyatakan bahwa pada tahap 1 tahun 2016 ini bantuan PKH yang akan disalurkan di Lampung mencapai angka 50 M untuk 15 Kabupaten/Kota dengan total peserta PKH sebanyak 147.126 KSM. 

Pada kesempatan tersebut, Mensos didampingi oleh Direktur Jamsoskel Bapak Nur Pujianto, Kasubdit Validasi dan Terminasi Bapak Sudarsono, Kepala KPRK Bandar Lampung Bapak Sudirja, Kordiv Implementasi Lapangan Bapak Rizal Zulkifli, Koreg Barat Bapak Disson M. Fauzi, Korwil Lampung I Bapak Irpangi serta Korwil Lampung II Bapak Slamet Riyadi.

Dalam proses penyaluran tersebut, diketahui terdapat perubahan mekanisme penyaluran bantuan tetap. Sebelumnya bantuan tetap Rp. 500.000 disalurkan pada tahap 2. Namun sejak 2016, bantuan tetap disalurkan ditahap 1. Perlu diperhatikan juga, bahwa perubahan skema bantuan untuk Bumil/balita/apras untuk tahap 1 tahun 2016 ini juga telah mengunakan skema yang baru yaitu 1,2 Juta/tahun, pungkas Rizal.

Menanggapi hal tersebut, Korwil PKH Lampung II Bapak Slamet Riyadi menyatakan agar seluruh SDM PKH mencermati skema baru 2016. Mohon seluruh pendamping untuk dapat mengawal kebijakan ini,  terus lakukan koordinasi dengan KPRK dan KPC. Mengingat keterangan yang kami peroleh dari UPPKH Pusat, pada 5 April 2016 akan dimulai penyaluran PKH secara serentak di seluruh Indonesia. Mari kita bekerja dengan baik, ikuti ketentuan dan kode etik, tambah Slamet.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

41 Anak PKH Berprestasi Lampung Lulus SNMPTN, Satu di UI

Koreg Sumatera Beri Pembinaan Kinerja PKH di Lampung