Korwil Lampung Ikuti Coaching Fasilitator PO 2017

Peserta Caoching Fasilitator Pemantapan Pendamping dan Operator PKH 2017 unsur Koordinator Wilayah se-Indonesia bersama Pejabat Direktorat Jaminan Sosial Keluarga Kemensos RI

Bogor (30/3 - 1/4) Kementrian Sosial RI melalui Direktorat Jaminan Sosial Keluarga (JSK) mengelar kegiatan Coaching Fasilitator Pemantapan Pendamping dan Operator PKH tahun 2017 di Hotel Arch Bogor. Peserta terdiri dari unsur Pejabat di Direktorat JSK, Praktisi PKH, Widiaswara, Tenaga Ahli Pusat, Korwil dan Korkab. Acara dibuka oleh Dirjend Linjamsos Bapak Dr. Ir. Harry Hikmat, M.Si di dampingi Direktur JSK Bapak Nur Pujianto.

Dalam sambutannya, Dirjend Linjamsos menyatakan bahwa di tahun 2017 ini terdapat perubahan yang sangat mendasar terkait PKH. Salah satunya adalah terkait indeks bantuan PKH, dan mekanisme penyaluran bantuan PKH melalui bank atau non tunai. Sehingganya untuk menyatukan persepsi terkait kebijakan baru ini, kita lakukan coaching ini. Nantinya kita akan lalukan Bimbingan Pemantapan (Bintab) yang akan dilakukan di 70 titik seluruh Indonesia. Nanti secara teknis akan disampaikan pada akhir acara ini, pungkas Harry.

Terdapat 13 materi yang akan disampaikan oleh para narasumber berkaitan dengan kebijakan baru tersebut. Adapun materi tersebut meliputi: (1). Pengetahuan dan Kebijakan PKH 2017, (2). Mekanisme Pelaksanaan PKH, (3). Pertemuan Awal, (4). Validasi Calon Peserta PKH 2017, (5). Penyaluran Bantuan 2017, (6). Verifikasi Komitmen 2017, (7). Pendampingan 2017, (8). Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2), (9). Analisis Data, (10). Aplikasi SIM PKH, (11). Pemutahiran Data 2017, (12). Monitoring dan Evaluasi PKH, (13). Penanganan Pengaduan PKH.

Berdasarkan Surat Direktur JSK Nomor: 483/LJS.JSK.TU/04/2017 Tertanggal 3 April 2016 tentang Pelaksanaan Pemantapan PKH Tahun 2017 pada Kab/Kota Lokasi Kohor 2016 diketahui bahwa pelaksanaan bimtab tersebut bertujuan sebagai media sosialisasi, pertukaran dan pemutahiran informasi, penggalihan dan pemecahan masalah serta mengemukakan gagasan baru pelaksanaan PKH di lapangan. Bimtab tersebut akan dilakukan selama 4 hari, pungkas Slamet.

Berdasarkan surat tersebut diketahui bahwa pelaksanaan Bimtab di Provinsi Lampung akan dilaksanakan pada gelombang 5 bertempat di Kota Bandar Lampung. Peserta bimtab terdiri dari 307 pendamping dan operator 2016 yang akan dibagi dalam 6 kelas. Untuk info lebih lanjut, nanti akan disampaikan lewat Dinsos dan Korkab masing-masing, pungkas Slamet.  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

41 Anak PKH Berprestasi Lampung Lulus SNMPTN, Satu di UI

Koreg Sumatera Beri Pembinaan Kinerja PKH di Lampung