Dana PKH 47,1 Milyar Siap Disalurkan


Ilustrasi: Pelaksanaan Penyaluran Bantuan Oleh Petugas Pos kepada Peserta PKH (red:KSM)
15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung dalam waktu dekat akan menyalurkan bantuan PKH Tahap 1 tahun 2016. Saat ini sedang dalam proses penyusunan jadwal penyaluran antara UPPKH dengan Kantor Pos dimasing-masing Kabupaten/Kota. Sesuai prosedur, setelah data nominatif (danom) dari Pusat  diterima Kantor Pos sebagai lembaga bayar, maka proses berikutnya adalah penyusunan jadwalan. Tidak lebih dari sepekan mudah-mudahan penyaluran bantuan PKH dapat disalurkan di 15 Kabupaten/Kota se-Lampung.

Total bantuan tahap 1 tahun 2016 yang akan segera disalurkan tersebut jumlahnya cukup funtastis yaitu mencapai Rp. 47.186.815.000. Bantuan tersebut akan diterima oleh 146.197 peserta PKH se-Provinsi Lampung.

Jumlah bantuan pada tahap 1 tahun 2016 ini tidak seperti biasanya. Jumlah bantuan yang akan diterima peserta PKH (red: KSM) cukup signifikan. Mengingat terdapat dua Kebijakan baru yang ditetapkan oleh Kemensos RI mengenai besaran bantuan komponen Bumil/Balita yang mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp.1 Juta/tahun, pada tahun 2016 naik menjadi 1,2 juta/tahun. Serta Bantuan Tetap (BT) sebesar Rp.500,000 yang semula disalurkan di tahap 2. Pada tahun 2016 ini Bantuan Tetap disalurkan di tahap 1. Sehingga bantuan yang akan diterima peserta PKH cukup signifikan.

Perubahan skema tersebut merupakan implementasi  kebijakan perluasan PKH yang telah ditetapkan oleh Kemensos pada tahun 2016 ini. Selain adanya perubahan tersebut, direncanakan pada tahun ini, akan dilakukan perluasan komponen PKH yang akan mencakup disabilitas dan lansia berat. Selain itu, jumlah peserta PKH juga akan mengalami penambahan sebesar 2,5 juta pada tahun 2016. Sehingga jumlah penerima PKH pada tahun 2016 ditarget mencapai 6 juta penerima secara nasional.

Kadis Sosnakertrans Kabupaten Lampung Timur, Bapak Budi Yul Hartono, S.IP, M.IP menyatakan mendukung dan siap untuk melaksanakan penyaluran bantuan tersebut. Alhamdulilah pelaksanaan PKH sejauh ini memuaskan. Pada tahap 1 tahun 2016 ini bantuan yang akan disalurkan sebesar Rp. 16,846,933,750 untuk 20,099 peserta PKH yang tersebar di 24 kecamatan di Lampung Timur. Terima kasih kepada Kemensos yang telah memberikan perhatian kepada kami, pungkas Budi.

Menanggapi hal tersebut, Korwil PKH Lampung II Bapak Slamet Riyadi menyatakan optimis penyaluran tahap 1 tahun 2016 ini akan berjalan baik. Kami sangat berterima kasih kepada KPRK Bandar Lampung, KPRK Metro dan KPRK Kota Bumi yang selama ini sangat baik memberikan pelayanan kepada kami. Tentunya tak lupa kepada UPPKH baik Provinsi Lampung, UPPKH Kabupaten/Kota serta terkhusu kepada Petugas Pendamping dan Operator yang menjadi ujung tombak pelaksanaan PKH di Lampung (SR).

NB: Berita ini terbit di Harian Lampung Post Senin, 11 April 2016 hal.4

Komentar

Postingan populer dari blog ini

41 Anak PKH Berprestasi Lampung Lulus SNMPTN, Satu di UI

Koreg Sumatera Beri Pembinaan Kinerja PKH di Lampung