Mengenalakan PKH Lewat RRI

Acara talkshow sedang berlangsung di Gedung Utama RRI Bandar Lampung
Kamis, 14/4 RRI Bandar Lampung mengundang Korwil PKH Lampung II Bapak Slamet Riyadi dalam acara Talkshow on air pada pukul 16.00 - 17.00 wib dengan tema Implementasi, Capaian dan Prestasi PKH Provinsi Lampung. Acara tersebut di inisiasi oleh RRI Bandar Lampung sebagai sarana pencerdasan masyarakat prihal Kebijakan Pro Rakyat, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH).

Selama satu jam penuh, talkshow tersebut berlangsung yang di pandu oleh pembawa acara Bapak Tohir Putra Way Kanan. Beberapa hal yang disampaikan oleh narasumber berkaitan dengan penjelasan umum PKH yang meliputi pengertian, tujuan, syarat penerima, besaran komponen, serta capaian implementasi serta prestasi PKH Provinsi Lampung.

Sejak pertama kali implementasi PKH di Provinsi Lampung tahun 2011 pada empat Kabupaten/Kota sampai dengan pengembangan terakhir tahun 2014, secara umum dapat dideskripsikan bahwa capaian implementasi PKH di Provinsi Lampung layak mendapatkan apresiasi. Data terakhir berdasarkan Berita Acara Final Closing (BAFC) tahap 1 tahun 2016 diketahui total bantuan Kemensos RI melalui APBN yang telah digelontorkan di Lampung mencapai angka 767,1 Milyar rupiah untuk 15 Kabupaten/Kota di Lampung. Angka yang tentunya cukup fantastis.

Saat ini, total penerima PKH pada 15 Kabupaten/Kota di Lampung menembus angka 146,468 Keluarga Sangat Miskin (KSM). Jumlah penerima tertinggi ada di Kabupaten Lampung Utara 24,328 dan Lampung Timur 20,009 KSM, sedangkan jumlah paling sedikit adalah Kabupaten Mesuji yaitu 1,166 KSM.

Menyongsong kebijakan perluasan 2016, tentunya besar harapan dari seluruh lapisan masyarakat Lampung dengan adanya penambahan penerima PKH baru di tahun 2016 ini. 

Salah satu warga Kemiling Bandar Lampung, Bapak Zainal melalui sambungan interaktif pada saat talkshow tersebut, mengungkapkan adanya harapan yang besar akan penambahan penerima PKH di Lampung. Saya sudah sering mendengar program ini, dan saya melihat sangat bagus. Kami mengharapkan Pemerintah melakukan penambahan, sehingga warga kurang mampu lainnya yang belum masuk dapat menjadi penerima PKH, pungkas Zainal.  

Menanggapi pernyataan tersebut, Korwil PKH Lampung II menyatakan bahwa saat ini Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI sedang mempersiapkan perluasan PKH menuju 6 juta KSM pada 2016. Mari kita sama-sama berdoa, semoga Lampung mendapatkan kepercayaan Pusat, dengan adanya penambahan jumlah penerima PKH. Sehingga kebermanfaatan PKH dapat dirasakan oleh saudara-saudara kita yang memang layak mendapatkan sentuhan PKH, pungkas Slamet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

41 Anak PKH Berprestasi Lampung Lulus SNMPTN, Satu di UI

Koreg Sumatera Beri Pembinaan Kinerja PKH di Lampung